Monday 3 August 2015

OSPEK DAN MOS PENUH TEKA-TEKI

Memasuki masa pendidikan yang baru memang menyenangkan karena bisa masuk ke sekolah atau Perguruan Tinggi yang diinginkan. Bagi siswa SMA baru biasanya harus menjalani MOS (Masa Orientasi Siswa). Begitu juga bagi mahasiswa baru yang biasanya diharuskan menjalani OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus). Meski kedua kegiatan tersebut menuai pro-kontra, tapi nampaknya masih tetap saja diadakan oleh berbagai sekolah maupun Perguruan Tinggi.   Hari pertama MOS/OSPEK biasanya dijalani dengan senang hati dan semangat, namun semuanya berubah ketika Panitia MOS/OSPEK memberi tugas yang harus dilakukan keesokan harinya. Syarat-syarat itu sengaja dibuat dengan kalimat teka-teki. Saat pulang ke rumah tentu yang pertama kamu bingung apa yang kamu lakukan, dibalik kalimat teka-teki tersebut ?

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau Ospek merupakan momentum bersejarah bagi setiap siswa yang memasuki pintu gerbang perguruan tinggi. Ospek dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan awal pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Dengan kata lain bahwa baik tidaknya kepribadian mahasiswa di sebuah perguruan tinggi sedikit banyak ditentukan oleh baik tidaknya pelaksanaan Ospek di perguruan tinggi tersebut. Begitupun di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (UTU-Maulaboh) Kegiatan Ospek dilaksanakan untuk mendidik dan menggembleng (Calon Mahasiswa).
Adapun tujuan dari didikan tersebut adalah:
  • Mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  • Menambah wawasan mahasiswa baru dalam pengunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
  • Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
  • Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  • Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis
  • Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi
    #Muklis


No comments:

Post a Comment